Jumat, 11 Maret 2011

Menginstal Sistem Operasi Windows XP, Linux Redhat berbasis Text, dan Linux Ubuntu

Sistem Operasi Windows XP

1.Pastikan pada komputer sudah tersedia CD-ROM. Masukkan CD Windows XP ke dalam CD-ROM.Nyalakan computer.Saat proses booting ,tekan tombol Delete atau Del pada keyboard untuk mengubah BIOS.Pilih Advenced Bios Features, sehingga akan tampil pilihan-pilihan menu selanjutnya. Pada bagian First Boot Device, ganti pilihan menjadi CD-ROM, kemudian tekan tombol Enter. Untuk menyimpan pilihan, tekan F10 pada keyboard. Setelah itu jawab Yes.

2.Selanjutnya, tekan tombol Enter untuk menuju langkah selanjutnya. Tunggu sampai tampil layar Welcome to setup. Ada tiga hal yang dapat dikerjakan, yaitu :

• Tekan tombol Enter jika ingin melanjutkan proses instalasi.
• Tekan tombol F3 jika ingin membatalkan proses instalasi
• Tekan R (Repair) jika ingin memperbaiki Windows XP yang sudah ada.

3.Karena kita ingin menginstal, maka tekan tombol Enter. Setelah itu kita dimintai lisensi dari perusahaan, jika setuju dengan lisensi tersebut, tekan tombol F8, tapi jika tidak setuju dengan lisensi tersebut, tekan tombol Escape. Tekan tombol F8 untuk melanjutkan proses instalasi.

4.Pada langkah selanjutnya, kita diberi kesempatan untuk membuat partisi harddisk. Jika kita tidak ingin membuat partisi harddisk tekan tombol Enter untuk menuju proses selanjutnya.

5.Jika ingin membuat partisi harddisk, kita harus menghapus partisi yang ada dengan menekan tombol D (Delete). Setelah menekan D (Delete), akan muncul konfirmasi apakah kita benar-benar ingin menghapus partisi. Jika ya, tekan tombol Enter, kemudian tekan L (Delete) untuk melanjutkan proses penghapusan. Partisi kita sekarang telah terhapus. Setelah partisi yang lama terhapus, tekan tombol C (Create) untuk membuat partisi baru, maka akan tampil Create partition of Size (in MB) :………. Disini, kita akan diminta untuk memasukkan ukuran partisi yang kita inginkan.
Misalkan, jika ukuran harddisk 20 GB, kita bisa ketikkan 10240 MB (10 GB), kemudian tekan Enter. Partisi yang pertama ini akan menjadi drive C. Pilih sisanya dan tekan C (Create). Partisi yang kedua akan menjadi drive D. Selanjutnya, tekan tombol Enter untuk melanjutkan instalasi.


6.Pada langkah selanjutnya, kita diminta untuk menentukan tipe system FAT atau NTFS yang akan digunakan.

• Format the partition using the NTFS file system
• Format the partition using the FAT file system

Pilih Format the partition using the NTFS file system, kemudian tekan tombol Enter. Selanjutnya, tunggu proses formatting partition dan setup copy files sampai 100%. Komputer akan di-restart, kemudian akan muncul proses Installing Windows XP. Tunggu sampai muncul kotak dialog Windows XP Professional Setup. Selanjutnya, tekan tombol Next.

7.Selanjutnya akan muncul layar Personalize Your Software. Kita akan diminta untuk memasukkan nama dan organisasi. Misalkan, nama dan organisasi kita ketik seperti di bawah ini. (sekedar contoh)

• Name : XI TKJ
• Organization : TKJ SMK NEGERI 3 BALIKPAPAN

8.Selanjutnya, kita diminta memasukkan nomor produk pada layar Your Product Key. Nomor produk biasanya ada pada bagian file Serial di CD Windows XP ataupun di sampul CD Windows yang di-install. Jika sudah, tekan tombol Next.

9.Selanjutnya akan muncul layar Computer Name and Administrator Password. Pada bagian ini, kita diminta untuk memasukkan nama komputer, password administrator, dan konfirmasi password.Misalnya,untuk contoh,ketikkan :

• Computer Name : TKJ
• Administrator Password : 123456
• Confirm Password : 123456

10.Jika sudah selesai, tekan tombol Next, maka akan muncul layar Date and Time Settings. Pada bagian ini, kita diminta untuk menentukan bentuk tanggal, waktu, dan zona waktu yang akan digunakan. Jika sudah, tekan tombol Next, dan tunggu proses sampai muncul layar Network Settings.

11.Pada layar Network Settings ada dua pilihan :

• Typical Settings
Pilihan ini digunakan untuk membuat jaringan secara otomatis, sehingga jaringan dan alamat TCP/IP terpasang secara otomatis.

• Custom Settings
Pilihan ini memberi kesempatan untuk mengkonfigurasi komponen jaringan secara manual. Misalnya, pilih Typical Settings, kemudian tekan tombol Next. Selanjutnya akan muncul layar Workgroup or Computer domain.

12.Pada layar Workgroup or Computer domain, pengguna diminta untuk menentukan nama workgroup atau nama domain komputer. Ada dua pilihan yang dapat dipilih :

• No, this computer is not a network, or is on a network without a domain. Make this Computer a member of the following workgroup
Pilih pilihan ini jika komputer pengguna tidak menggunakan jaringan.

• Yes, make this Computer a member of the following domain
Pilih pilihan ini jika komputer pengguna adalah komputer jaringan.

Misalnya, pilih NO. Setelah pengguna memilih NO, pengguna harus memasukkan nama workgroup. Nama workgroup bebas, tidak boleh memakai spasi. Jika sudah mengisi nama workgroup, tekan tombol Next hingga muncul layar How will this Computer Connect to the Internet ?

13.Pada layar How will this Computer Connect to the Internet? Pilih skip.

14.Pada layar Collecting Registration Information, pengguna diminta untuk mengisi daftar registrasi. Jika tidak ingin mengisi daftar registrasi, tekan tombol Skip, sedangkan jika ingin mengisi daftar registrasi, tekan tombol Next. Misalnya, tekan tombol Skip, maka akan tampil layar selanjutnya, yaitu Who will use this computer ?

15.Pengguna diminta memasukkan nama-nama user yang akan menggunakan komputer tersebut. Jika sudah, tekan tombol Next, sehingga muncul layar terakhir, yaitu Thank you! Pada layar tersebut, tekan tombol Finish dan tunggu prosesnya. Proses instalasi Windows XP telah selesai.

Sistem Operasi Red Hat Linux

Pastikan pada komputer sudah tersedia CD-ROM. Masukkan CD Red Hat ke dalam CD-ROM.Nyalakan computer.Saat proses booting ,tekan tombol Delete atau Del pada keyboard untuk mengubah BIOS.Pilih Advenced Bios Features, sehingga akan tampil pilihan-pilihan menu selanjutnya. Pada bagian First Boot Device, ganti pilihan menjadi CD-ROM, kemudian tekan tombol Enter. Untuk menyimpan pilihan, tekan F10 pada keyboard. Setelah itu jawab Yes.

Ketika menginstal Sistem Operasi Ubuntu maka akan tampil berbagai perintah seperti di bawah ini:
1.Muncul tampilan yang akan memeberi tahu apakah ingin menginstall Red Hat dengan mode grafik atau text.
Jika ingin menginstall dalam mode grafik tekan ENTER, jika ingin menginstall dalam mode text tulis “linux text” (tanpa tanda kutip) lalu tekan ENTER

2.Muncul tampilan apakah anda ingin mengetes CD Red Hat atau kah tidak?
Jika iya, maka tekan OK jika tidak maka tekan skip

3.Masuk pada tampilan pemilihan bahasa, jika sudah menentukan bahasa yang sesuai tekan next

4.Keyboard configuration memungkinkan anda mensetting jenis keyboard yang anda gunakan, dianjurkan untuk menggunakan model USA kemudian next

5.Mouse configuration untuk mengatur jenis mouse yang tersambung pada PC anda, kemudian next

6.Masuk pada tampilan Installation Type. Terdapat beberapa pilihan yaitu :
-Personal desktop, jika komputer anda hanya ingin digunakan sebagai komputer pribadi
-Workstation, jika anda ingin komputer anda sebagai workstation
-Server, jika anda ingin komputer anda sebagai server
-Custom, jika anda ingin memodifikasi type instalasi yang anda inginkan

7.Disk partitioning setup, pada bagian ini anda bisa mempartisi harddisk sesuai kapasitas HDD anda
-automatically partition, partisi dilakukan secara otomatis sesuai dengan kapasitas Hard Disk
-manually partition with disk druid, melakukan partisi secara manual oleh user

8.Automatic Partitioning, disini anda diberi pilihan apakah anda ingin:
Remove all linux partitions on this system : menghapus semua partisi linux pada sistem anda
Remove all partitions on this system : menghapus semua partisi pada sistem anda
Keep all partitions and use excisting free space : menjaga semua partisi dan menggunakan ruang kosong.

9.Muncul BOOT LOADER CONFIGURATION dengan pilihan program GRUB dan LILO.
Pilih GRUB.

10.Pilih Leave Blank Lalu ok.

11.Pilih Ok pada Pilihan MBR(Master Boot Record).

12.Firewall configuration, mengatur firewall. Pilih No Firewall kemudian Ok.

13.Pilih bahasa penginstalan.

14.Time zone selection, menentukan waktu sesuai dengan GMT di wilayah anda.

15.Set root Password
-root password : isi dengan password yang anda inginkan yang merupakan super user,
-confirm : ulangi password yang anda masukkan

16.Konfirmasi ulang pengaturan yang anda lakukan sebelumnya, jika anda setuju maka pilih accept the current package list, jika tidak maka pilih customize the set of packages to be installed.

17.Mulai menginstal

18.Boot disketee creation, jika anda memiliki disket anda bisa menggunakannya disini untuk menyimpan settingan boot, anda hanya perlu memilih yes, I would like to create a boot diskette atau jika anda tidak menginginkannya tinggal pilih no, I do not want to create a boot diskette. Kemudian next jika anda sudah selesai dengan pengaturan anda.

19.Ghrapical interface configuration,mengatur grafik pada komputer anda.

20.Monitor configuration, mengatur jenis monitor yang sesuai dan resolusi yang diinginkan.

21.Customize graphic configuration, mengatur grafik. Pilih mode Text, lalu Ok.

22.Welcome screen, tampilan yang muncul ketika pengaturan sudah selesai dilakukan

23.User account, berisi data profil anda sebagai pengguna red hat. Anda harus mengisi nama serta password agar bisa masuk ke dalam sistem operasi red hat

24.Date and time, mengatur waktu dan tanggal sesuai keadaan setempat

25.Sound card, mengatur sound card yang terpasang pada komputer

26.Red hat network, mengatur jaringan

27.Additional cds

28.Finish setup, installasi telah sukses dilakukan dan red hat siap dijalankan.

Sistem Operasi Ubuntu

Pastikan pada komputer sudah tersedia CD-ROM. Masukkan CD Ubuntu ke dalam CD-ROM.Nyalakan computer.Saat proses booting ,tekan tombol Delete atau Del pada keyboard untuk mengubah BIOS.Pilih Advenced Bios Features, sehingga akan tampil pilihan-pilihan menu selanjutnya. Pada bagian First Boot Device, ganti pilihan menjadi CD-ROM, kemudian tekan tombol Enter. Untuk menyimpan pilihan, tekan F10 pada keyboard. Setelah itu jawab Yes.

Ketika menginstal Sistem Operasi Ubuntu maka akan tampil berbagai perintah seperti di bawah ini:
1.Language, menentukan bahasa yang sesuai
2.Muncul pilihan seperti berikut:
-Coba ubuntu tanpa melakukan perubahan di komputer anda
-Install ubuntu
-Periksa kerusakan cakram
-Uji memori
-Boot dari harddisk pertama
Pilih install ubuntu jika anda ingin menginstall Ubuntu dari awal

3.Welcome screen, disini anda dapat mengatur bahasa yang sesuai, kemudian forward

4.Konfigurasi waktu, memungkinkan anda untuk mengatur waktu di daerah setempat, kemudian forward

5.Susunan papan ketik, mengatur jenis papan ketik yang anda gunakan (pilihan yg disarankan=USA) kemudian forward

6.Mempersiapkan ruang harddisk, merupakan pilihan untuk mempartisi harddisk
Anda dapat memilih Hapus dan gunakan seluruh cakram atau tentukan partisi secara manual, kemudian forward

7.Pengaturan profil, disini anda dapat mengisi nama anda, password serta nama komputer yang anda gunakan. Kemudian forward

8.Persiapan untuk instalasi, tekan pasang

9.Menginstall sistem,

10.Restart PC, disini PC akan restart untuk mengoptimalkan kinerja sistem operasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Search Engine Submission - AddMe